Selasa, 15 Juni 2010

SNMPTN

hari ini SNMPTN hari pertama
jadi inget perjuangan 3 tahun yang lalu

semester 2 kelas XII aku sama temen2 yang lain waktu itu udah merencanakan buat bimbel, karna waktu itu aku sama 5 orang teman lainnya, sebut sajaI, D,N, F, A (inisial) amat sangat terobsesi pengen masuk UI kami pun milih salah satu bimbel yang menurut temen aku s, anak2 yg mw masuk UI banyak yg bimbel di sana....kami juga milih yg lokasinya di Jakarta..."biar klo mw maen2 ke UI gampang" pikir kami
di sana kami sudah berencana untuk tinggal di kontrakan papahnya I, yang kebetulan bekerja di Jakarta sebagai guru di salah satu sekolah di sana
tapi waktu hari H mw berangkat aku ga bisa ikut berangkat bareng mereka karena waktu itu ada sesuatu yg ga bisa ditinggalkan
akhirnya aku pun menyusul beberapa hari kemudian,dianter sama bapak
aku sama bapak pergi ke jakarta naik bis,sempet nyasar tuh nyari alamatnya, tapi untungnya bapak rada hafal daerah itu...akhirnya ketemu deh...hehehehe
selesai nganterin aku...bapak langsung pulang lagi ke kuningan

bimbel pun dimulai keesokan harinya..
awalnya si lancar2 aja, bimbel berjalan lancar, kami rajin banget, ga pernah bolos sekalipun, aku sama 5 orang temen lainnya pun hubungannya baik satu sama lain
tapi akhirnya masalah pun terjadi
waktu itu aku bersama 3 orang lainnya(D, F, A) harus ke bandung karena kami mw ikut ujian masuk POLBAN da POLTEKES di bandung,
kami berangkat ke bandung naik bis
sampe di bandung aku bingung, karena k3 temenku ada yg jemput,sementara aku???ga ada
akhirnya aku minta tolong sama salah satu temenku yang bimbel di bandung (sebut aja As), untung dy bisa dan mau
mana sempet nyasar2 lagi, dari terminal jam 2 sampe daerah ledeng jam 6 maghrib,,,hua lama banget,udah gt si As hampir kecopetan....aduh..aduh...ada2 aja, tapi akhirnya kami pun nyampe dengan selamat
tapi karena kemaleman As pun terpaksa harus numpang nginep di tempat temennya yang lokasinya delet polban, karena kosannya As jauh dari sana.aku jadi ngerasa bersalah,,,(maaf ya)
di bandung kami b4 tinggalnya pisah2...aku sama A nginep di kosannya sodara D yg kul di polban yang waktu itu kebetulan lg pulkam, D nginep di rumah neneknya, sementara F nginep di kosan sodaranya,
keesokan harinya aku sama A (karena yg lainnya misah jadi mereka punya agenda sendiri2) berencana mw daftar di poltekes,
si A udah berangkat duluan
giliran aku yang bingung lagi.....
sapa yg mw nganterin aku????si A sih enak ada yg nganterin, entah sapa ,,,entah co nya entah sekedar temen...cm mereka berdua yg tw
akhirnya aku pun minta bantuan lg sama si As buat nganterin ke poltekes...untung dy mw lagi...sempet ga enak si sama dy...tp mw gimna lagi daripada ke bandung ga ngehasilin apa2
akhirnya nyampe juga di sana,tp di sana aku ga ngeliat si A,,,,kemana dy???atau udah kali yah daftarnya...(jahat banget s ga nungguin...udah tw aku ga tau daerah sini...seengganya nungguin ke, ini jangankan nungguin sms buat nanyain aja ngga-->ngedumel dalam hati)
di sana malah ketemu sama F, sebenernya dy udah daftarnya tp katanya karena td ngeliat aku jd dy balik lagi...mw nemenin katanya..(beda banget kan ma A),
karena aku mw ngambil kebidanan jadi ada tes tinggi badan...dan ternyata....tinggi badan aku kurang 0,3cm...alhasil nihil....ga jadi daftar
yg jadi daftar mlah si As....(seengganya si As kesitu ga cm nganterin aku, tp karena dy juga mw daftar)
pas pulang F pamit duluan karena dy dianter co nya, mw jalan2 dulu katanya
tinggal aku sama As,
berita buruk...As ga bisa nganter...karena ada jadwal bimbel....aduh gimana nih...mana aku ga tw daerah sini
setelah dapat peta buta plus wejangan dari As aku pun pulang sendirian, naik angkot, waswas, takut nyasar....
tp akhirnya nyampe juga...
pas turun dr angkot...ujan gede banget...mana ga bawa payung...mw ga mw harus lari...nabrak meja deh...alhasil paha biru2....
tp gpp lah yg penting nyampe kosan
nyampe di kosan...ternyata ga ada orang...kemana si A????td di poltekes udah ga ada....tp ko di kosan juga ga ada....mana ga ada kabar lg....
sempet nangis...pengen pulang...ngerasa terlantar di sini , tp ya udahlah mw gmna lg..,,,
akhirnya karena kecapean aku pun tidur
ga kerasa ternyata aku tidur sampe waktu maghrib,,,,,datang deh tuh si A sama co (yg katanya cm temennya), aku pun diminta buat pindah dulu soalnya tuh co mw shalat maghrib....akhirnya dengan perasaan kesel aku pun pindah mengungsi ke kamar sebelah....untung tetehnya baik...akhirnya aku pun diem disana....di sana aku sambil mikir....besok gmna caranya pulang....sapa yg mw nganter ke terminal???
akhirnya aku ngesms temen deket aku...curhat ceritanya mah...
akhirnya dy ngasih solusi....dy nyuruh aku buat minta tolong dianter sama co'nya....oh iya aku baru inget...temen aku ini kan co nya orang bandung y...ko aku bisa lupa....aduh...aduh...
aku pun langsung sms tuh co....dy mau (alhamdulillah)....besok janjian jam 8
balik lagi ke si As bersama co(nya)
tdnya aku kira tuh co cm bentar,,,,eh ternyata sampe jam 9 belum balik juga....mana di kamar cm mereka b2 aja....emang s pintunya dibuka tp kan tetep aja ga baik ce ma co dalam 1 kamar...ce nya pake jilbab lebar lg...apa kata orang coba????
jam setengah 10 aku nengok ke kamar...ternyata udah sepi....tuh co udah balik kayanya, akhirnya aku pun masuk kamar.....tidur..
besoknya kita mw pulang....dr sejak bangun tidur muka aku udah BT sama si A
kayanya sih si A nyadar....terus dy nanya
A : "muti pulang sama sapa???bareng aja yu sama aku...nanti aku sama si a.....(co'nya) naik angkot aja deh biar bareng sama muti"
Aku : "ga usah,,,udah ada yg nganterin ko"
A : "sapa"
Aku : "co nya TEMEN aku"
A : "owh...ya udah atuh"
udah gt si A nelpon mamahnya...."mamah aku sakit...flu"
dalam hati aku..."yaelah manja bener...cm flu doang bilang2"
terus si A ngomong lg sama mamahnya"kemaren aku nonton lho mah sama so a....(co'nya)
muka aku langsung merah saking keselnya....
jadi kemaren pas aku kebingungan mw pulang naik apa....pas aku lari2 keujanan, pas aku nabrak meja sampe paha biru2....pas aku nangis2....dy lagi nonton sama tuh co????
jahat banget s nih ce.....
seengganya kemaren tuh sms ke nanyain aku pulangnya gmna dr poltekes?sama siapa?
ini??????boro2.......
BENER2 SAKIT HATI....apa itu yg namanya temen?????

karena lg kesel, sambil menunggu jam 8 aku pun ngungsi di kamar si teteh yg td malem....terus ada co nya....eh kebetulan conya si teteh juga mw ke terminal...me ke jakarta juga katanya....aku diajakin bareng...ya udah aku ngebatalin janji sama co'nya temen aku (ga enak terus2an ngerepotin orang)....aku pun bareng sama co'nya si teteh...klo si A ga usah ditanya....udah duluan lah....
nyampe terminal....qt langsung pulang ke jakarta
sampe jakarta......aku cerita sama temen2 aku yg lain(termasuk D sama F)....nyindir si A lebih tepatnya
aku :"ih..aku kayanya ga mw lagi deh ke bandung,,,,,,sengsara banget......GA ADA YG PEDULI....DITELANTARIN"aku ngomong sambil berapi2
temen2 (kecuali si A , soalnya dy lg pergi waktu itu, ga tw kemana....aku ga peduli juga):" emang knp mut???"
akhirnya aku cerita panjang lebar.....
1 minggu lebih aku ga bertegur sapa sama si A...
sampe akhirnya dy minta maaf.....qt salaman sih..tp hati aku belum bisa maafin....sakit hati banget,,,,tp ya udahlah....aku coba sedikit2....walaupun susah banget
suasana pun kembali tenang...bimbel kami juga lancar...
eh tp sekarang malah giliran si F sama si I yang berantem, sebenernya s cm salah faham doank...tp malah jadi ribut besar...sampe akhirnya si F memutuskan buat pindah bimbel ke Bandung......
qt tinggal b5....
SNMPTN pun tiba...(dulu masih SPMB)....aku milih jurusan yg sebelumnya sama sekali ga pernah terpikir..(tp mungkin itulah rencana Allah)
kita b5 kebagian tempat di fakultas tekhnik UI.....bingung lagi.....di sana kita mw nginep dimana????ga mungkin juga kita berangkat dr kosan....kosan kita di jakarta utara...jauh banget dr depok....mana SPMB mulainya jam 7 pagi...mau berangkat dr sana jam berapa???
akhirnya ngehubungin senior yg anak UI.....dapet juga tempat tinggal....
2 hari itu pun berlalu dipenuhi doa dan harapan.....
SPMB selesai....kami pulang ke rumah masing2...
tinggal nunggu pengumuman aja...
hari yg ditunggu2 pun tiba....
pengumuman SPMB.........
aku ga berani liat...takut ga lolos...
akhirnya diliatin sama teman....dan aku LOLOS di Fakultas Keperawatan UNPAD...pilihan k2...
tp gpp....aku tetap bersyukur......alhamdulillah...
pas aku tanya ke yg lain (5 orang temen yg lainnya)
D keterima di Fapet Unpad
I sama N ga lolos SPMB...tp mereka dapet UM UI di kimia sama fisika UI
A sama F ga lolos....dan akhirnya masuk PTS yg lain

itulah sepenggal kisah saat2 menjelang SPMB...ada suka dan duka nya....
tp semua itu akan jadi pengalaman yg beharga...